PROGRAM STUDI: STUDI PUBLIC RELATIONS
PROGRAM STUDI: STUDI PUBLIC RELATIONS
VISI
Mewujudkan Fikom sebagai lembaga pendidikan di bidang ilmu komunikasi yang unggul dan bermutu dalam proses penyelenggaraan Tridarma perguruan tinggi untuk menghasilkan tenaga profesional berjiwa wirausaha yang mampu menguasai Teknologi Informasi, mampu berbahasa Inggris, dan memiliki pemahaman etika profesi serta berpijak pada pengembangan wawasan dan budaya lokal serta kearifan lokal.
MISI
1. Menyelenggarakan Tri Dharma pendidikan komunikasi dibidang Public Relations yang memiliki kemampuan dalam mengelola dan menganalisis; program komunikasi, membangun relationship dan reputations, krisis organisasi, kemampuan analitis, merancang dan mengelola media-media PR, mampu pemanfaatan teknologi informasi serta menggunakan bahasa Inggris.
2. Menumbuhkembangkan jiwa wirausaha dan sikap mental positif serta perilaku beretika.
3. Mengembangkan wawasan dan kajian budaya lokal/kearifan lokal.
4. Melakukan kegiatan penelitian, kajian, pengembangan dan pengabdian masyarakat dengan memberikan wawasan, pengetahuan dan teknik-teknik komunikasi menggunakan pendekatan PR yang melibatkan mahasiswa.
5. Melakukan tranfer knowledge, skill, dan etika profesi PR melalui kajian ilmiah dan pelatihan dalam membangun kemampuan profesional.
Tujuan umum
Pendidikan Strata 1 program studi Ilmu Komunikasi bidang studi Public Relations secara umum mempunyai tujuan menghasilkan lulusan yang :
1. Berjiwa Pancasila, memiliki wawasan kebangsaan, memiliki integritas (kesamaan antara pikiran, perkataan dan perbuatan, kejujuran serta komitmen), serta menerapkan etika profesi dalam menjalankan tugas serta tanggungjawab dalam dunia kerja khususnya dan masyarakat pada umumnya.
2. Memiliki pengetahuan dan kemampuan sebagai komunikator/fasilitator/mediator, serta inovator/kreator di bidang komunikasi dengan memanfaatkan teknologi informasi serta menggunakan bahasa Inggris.
3. Memiliki pengetahuan, kemampuan serta sikap kerja yang gigih (tidak mudah menyerah), tuntas, membangun kerjasama tim, untuk mengelola dan memproduksi program-program komunikasi dengan mengembangkan wawasan dan kajian budaya/kearifan lokal.
4. Memiliki pengetahuan dan kemampuan berfikir analitis, kritis untuk melakukan kajian/penelitian dalam bidang komunikasi dalam rangka memperkaya/ mengembangkan teori, metode dan model komunikasi.
5. Memiliki : jiwa entrepreneurship, sifat terbuka, kreatif, inovatif dan adaptif, dan keinginan untuk belajar sepanjang hayat, di bidang komunikasi
6. Memiliki kemampuan akademik yang baik untuk meneruskan ke jenjang pendidikan formal yang lebih tinggi (Strata - 2 dan Strata - 3) di bidang Ilmu Komunikasi.
Tujuan Bidang Studi Public Relations
a. Tujuan Khusus
Tujuan khusus bidang studi Public Relations menghasilkan lulusan bidang studi Public Relations yang memiliki kemampuan :
1. Sebagai komunikator dan fasilitator/mediator organisasi dengan publik internal dan eksternal.
2. Mengidentifikasi permasalahan, merancang, mengelola dan mengevaluasi program komunikasi organisasi/membangun dan mempertahankan reputasi positif organisasi .
3. Membangun, mengembangkan dan mengelola materi budaya dan kearifan lokal sebagai materi untuk membangun reputasi positif organisasi.
4. Mengidentifikasi dan mengelola krisis organisasi serta mencari jalan terbaik dalam rangka membangun reputasi positif organisasi dan brand organisasi/produk dengan
memperhatikan tanggungjawab organisasi kepada publik.
memperhatikan tanggungjawab organisasi kepada publik.
5. Memanfaatkan teknologi informasi, berbahasa Inggris, berjiwa wirausaha dan menerapkan etika profesi.
6. Menulis dan memproduksi materi informasi organisasi untuk media cetak, audio dan audio visual serta web.
7. Mengembangkan leadership dan sikap-sikap positif dalam komunikasi antar pribadi, serta kelompok dalam rangka mempersuasi, melobby serta bernegosiasi untuk membangun/mengelola reputasi baik bagi organisasi.
8. Menangkap, mengkaji dan menganalisis fenomena masyarakat untuk penelitian dalam rangka pengembangan keilmuan dan atau untuk memperoleh umpan balik organisasi dalam rangka pengembangan isu sebagai dasar pengambilan kebijakan organisasi.
9. Mengidentifikasikan dan mengelola konteks budaya dan kearifan lokal untuk didiskusikan dalam semua program komunikasi organisasi.
b. Kompetensi Lulusan
Kompetensi lulusan sarjana strata satu (S-l) bidang studi Public Relations adalah memiliki:
Kompetensi Utama:
1. Memiliki kemampuan untuk menjalankan fungsi dan tanggungjawab sebagai komunikator/mediator/fasilitator organisasi yang efektif sebagai Corporate Public Relations. Konsultan PR dan Marketing PR.
2. Memiliki kemampuan mengkaji dan menganalisis fenomena masyarakat serta membuat agenda isu organisasi serta memperoleh umpan balik dan mengevaluasi dampak program komunikasi organisasi.
3. Memiliki kemampuan manajerial dan leadership dalam mengelola team, krisis, human relations dengan stakeholders, agenda isu, dan program/event komunikasi organisasi.
4. Memiliki kemampuan mempersuasi, melobby dan bernegosiasi serta berdiplomasi
5. Memiliki wawasan luas dalam konteks organisasi dan permasalahannya serta wawasan budaya lokal/kearifan lokal.
Kompetensi Penunjang :
1. Mampu menerapkan etika profesi serta etika UMB dalam sikap dan perilaku.
2. Memiliki kemampuan technical communication untuk mendukung pencapaian tujuan organisasi (seperti kemampuan menulis, membuat foto/materi dokumentasi dan memproduksi materi informasi organisasi melalui media cetak, audio dan audio visual dengan memanfaatkan teknologi informasi serta penggunaan bahasa Inggris).
3. Kemampuan mengolah data penelitian dengan menggunakan komputer (pengolahan data statistik).
4. Kemampuan bekerja sama dan membangun team work, bekerja serta tuntas, gigih (pantang menyerah) serta mengembangkan jiwa enterprenuer.
Kompetensi Lainnya :
1. Kemampuan berpikir logis, sistimatis, analitis, kritis, adaptif, kreatif, inovatif, percaya diri, emphati, pribadi positif, terbuka dan menyenangkan.
2. Wawasan tentang teknik desain.